Program Aplikasi Pengolah Data untuk Pekerjaan Anda

Masyarakat awam rasanya masih bingung menjelaskan pengertian program aplikasi. Pasalnya, kebanyakan orang hanya mengetahui nama aplikasi dan cara menggunakannya. Mereka tidak mencari tahu lebih lanjut maksud dan tujuan dari aplikasi tersebut. Bahkan beberapa orang sekedar tahu aplikasi tertentu untuk mengerjakan tugas tertentu. Biar Anda tak penasaran terkait aplikasi, kita akan menjelaskannya lebih lanjut.

Perbedaan Sistem Operasi dan Program Aplikasi

Sebelum mengenal aplikasi, Anda harus tahu sistem operasi komputer. Sistem operasi merupakan sebuah sistem yang menghubungkan antara hardware dan software. Perangkat lunak inilah yang menjalankan berbagai perangkat keras maupun lunak di komputer. Jika komputer Anda tidak memiliki sistem operasi, komputer tidak bisa mengoperasikan berbagai program. Komputer hanya akan menunjukkan sistem booting yang berulang.

Bila sistem operasi menjalankan seluruh sistem secara keseluruhan, berbeda dengan program aplikasi. Istilah program merujuk pada perangkat lunak yang didesain untuk menjalankan tugas khusus.

Software atau perangkat lunak ini dapat berbentuk apapun, termasuk pengolah data, hiburan, maupun game. Apa perbedaan sistem operasi dengan program pada komputer? Pada dasarnya, kedua hal ini menunjukkan perbedaan mendasar.

Pada sistem operasi, Anda hanya bisa melakukan operasi dasar, seperti menyalakan dan mematikan komputer. Sementara itu, program dimaksudkan untuk melakukan tugas khusus, seperti Microsoft Word yang bisa mengolah data. Bisa dibilang, program jauh lebih mempermudah tugas manusia dalam berbagai hal. Setidaknya segala sesuatu yang berhubungan dengan komputerisasi jauh lebih efisien.

Mengenal Beragam Program Aplikasi Pengolah Data

Salah satu program yang terkenal adalah program aplikasi pengolah data. Anda bisa menggunakan program ini untuk mengolah data, berupa kata, angka, maupun grafik. Seluruh database yang berhubungan dengan data dan angka bisa Anda kelola dengan program ini. Biasanya penggunaan program ini dimanfaatkan dalam bisnis atau usaha yang perlu pengolahan data lebih rapi.

Untuk pengguna perangkat lunak berbasis angka, sebenarnya ada beberapa program yang bisa dimanfaatkan. Microsoft Office menjadi salah satu program yang masih sangat populer dan paling banyak digunakan. Selain Microsoft Excell dari bagian Office, Anda bisa memanfaatkan Kspread, Lotus123, Star Office Calc, Xess, ataupun GNOME – Gnumeric.

Selain program aplikasi komputer di atas, masih ada program pengolah data lainnya. Program pengolah data ini membantu Anda menyusun database yang diolah dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan program ditujukan untuk membuat database mahasiswa, penjualan dan pembelian, serta pegawai. Laporan keuangan akan tersusun rapi dan bisa diinput sewaktu-waktu tanpa mengubah database awal.

Program database yang banyak digunakan adalah Microsoft Access, MySQL, Microsoft SQL Server, dan Oracle. Microsoft Access masih menjadi program database yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat form, menyaring data, mengolah data, serta membuat laporan. Bukan hanya digunakan dalam akademik, program ini juga dimanfaatkan oleh para pengusaha pemula maupun perusahaan besar.

Para programmer juga kerap memanfaatkan Microsoft Access untuk membuat sistem sendiri. Beberapa sistem buatan yang berkaitan dengan manipulasi data, biasanya dikembangkan dari Microsoft Access. Selain programmer, pengusaha menengah ke bawah pun memanfaatkan program ini. Pasalnya, mereka lebih mudah mengolah data dan angka tanpa harus menginput satu per satu ke sistem.

Kelebihan Program Aplikasi Microsoft Excel Untuk Mengolah Angka

Seperti yang kita ketahui, program aplikasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas khusus. Begitu pula dengan Microsoft Excell yang memiliki kelebihan tersendiri. Kelebihan Microsoft Excell menjadikannya tetap populer dan digunakan oleh banyak orang. Apa saja keunggulan yang dimiliki Microsoft Excell? Berikut beberapa keunggulan program pengolah angka ini.

1. Sangat Mudah Dioperasikan

Buat Anda yang mencari program pengolah data sangat praktis, Microsoft Excell jadi pilihan tepat. Pengoperasian Microsoft Excell terbilang mudah buat para pengguna komputer pemula. Anda hanya harus menguasai rumus dan logika pada Microsoft Excell. Selama Anda menguasai rumus dan logika yang tepat, maka semua data bisa diolah dalam waktu cepat.

2. Antarmuka yang Nyaman

Jika Anda mencari program yang benar-benar user friendly, Microsoft Excell menyajikan kenyamanan tersebut. Tampilan layar dan tools yang disediakan benar-benar sangat membantu.

Tidak hanya tampilan antarmuka di komputer saja, namun juga di perangkat lain, seperti tablet dan smartphone yang memungkinkan pengoperasiannya.

3. Ruang Penyimpanan yang Besar

Menariknya, Microsoft Excell menyediakan ruang penyimpanan yang sangat besar. Semua data disimpan langsung ke memori internal perangkat komputer, sehingga Anda tak perlu kebingungan. Kemungkinkan kehabisan memori untuk menyimpan hasil pengolahan data benar-benar sangat minim. Ukuran data pun terhitung kecil, oleh sebab itu Anda bisa menyimpan lebih dari ratusan data.

4. Membuat Grafik

Beberapa pengolahan angka membutuhkan grafik untuk memperjelas laporan. Anda bisa memanfaatkan fitur grafik yang tersedia pada Microsoft Excell untuk mengilustrasikan data. Hal ini tentu sangat efisien, terutama bagi para pegawai yang memang dikejar deadline. Microsoft Excell akan merepresentasikan angka langsung ke dalam grafik.

5. Fitur VBA yang Mempermudah

Di tahun 2013, Microsoft Excell memperkenalkan fitur VBA. VBA atau Visual Basic for Application ini semakin mempermudah pekerjaan para pengguna. Anda bisa menghemat waktu dan terasa lebih efisien serta praktis. Fitur VBA memungkinkan Anda membuat program penghitungan sendiri dengan memanfaatkan program Microsoft Excell.

Program Microsoft Access yang Efektif Mengolah Database

Usai membahas Microsoft Excell, kali ini akan dibahas Microsoft Access. Keduanya memang mengolah data dan angka, namun ada perbedaan yang paling mendasar. Microsoft Access biasanya dikhususkan untuk membuat sebuah database yang terintegrasi. Anda akan lebih mudah menginput data, angka, hingga membuat laporan. Kelebihan Microsoft Access dibanding pengolah database lain adalah:

1. Input Data Lebih Teratur

Merasa sulit membuat laporan data setiap hari? Coba manfaatkan Microsoft Access guna mempermudah seluruh pekerjaan Anda. Fitur pendukung pada Microsoft Access memungkinkan Anda membuat label data dan laporan setiap hari.

Hal ini tentu sangat membantu para pengusaha yang ingin mengidentifikasi pemasukan dan pengeluaran sehari-hari.

2. Bahasa Pemrograman yang Umum

Anda tentu tahu fitur VBA bukan? Fitur ini memang terbilang baru untuk para pengguna Microsoft Office. Hampir semua program aplikasi Microsoft Office telah menyematkan fitur VBA untuk mempermudah proses pengoperasian program. Penggunaan fitur memang bertujuan mempersingkat waktu pengerjaan pengolahan data.

3. Kompatibilitas Bahasa Pemrograman

Poin ini berkaitan dengan para programmer yang memang memanfaatkan Microsoft Access untuk mengolah database. Mereka selalu memilih program ini untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Pasalnya, Microsoft Access kompatibel menggunakan fitur VBA dan macro yang bisa digunakan secara bersama-sama.

4. Penyortiran Data

Buat Anda yang kerap kesulitan menyortir data, Microsoft Access akan sangat membantu. Pada program aplikasi ini, Anda bisa menyortir data yang diinput ke dalam sistem. Anda tidak harus memilih dan mengklasifikasikan data secara manual, sebab bisa dilakukan langsung oleh program Microsoft Access yang langsung terintegrasi.