Pentingnya Mengetahui Sistem Recycle Bin

Recycle bin adalah salah satu ikon yang selalu kita temukan di setiap komputer pada tampilan desktop. Wajar saja, “tempat sampah” ini bisa dibilang memiliki fungsi penting dalam pengoperasian komputer. Jika Anda sudah tahu dengan fitur ini, seberapa jauh Anda mengenalnya?

Apakah selama ini Anda mengenal fitur ini sebagai tempat sampah saja atau justru yang lain? Pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai seluk beluk tentang recycle bin. Mulai dari pengertiannya, dimana letaknya, dan semua informasi terkait fitur yang satu ini.

Pengertian Recycle Bin

Seperti yang kita tahu apabila sistem operasi pada komputer atau laptop kita adalah Windows maka kita akan mendapat fitur ini. Ketika kita menghapus sebuah file maka file tersebut akan masuk ke fitur ini sehingga kita bisa melihatnya secara ikonik saja.

Anda tetap bisa melihat file yang telah Anda hapus asalkan Anda memilih untuk merestore file tersebut. Terdengar menarik bukan? Membersihkan file-file sampah namun tetap bisa dikembalikan apabila dirasa penting.

Namun demikian, file yang sudah Anda hapus tersebut tetap bisa hilang secara permanen. Tentunya caranya adalah dengan mengunjungi fitur ini. Berikutnya akan kami bahas cara mengembalikan file yang sudah masuk ke fitur ini dan cara menghapus file secara permanen supaya tidak lagi muncul di fitur ini.

Karena bisa dibilang fitur ini adalah fitur spesial, folder spesial di desktop ini rupanya sudah ada sejak Windows 95 rilis. Nama lain dari recycle bin ini adalah tempat sampah. Ya, karena memang itulah fungsinya.

Disini Anda Bisa Menemukannya

Ups, tempat sampah tidak ada di desktop! Bagaimana cara menemukan folder tempat sampah ini? Terkadang memang pengguna atau pemilik komputer tidak menaruh folder tempat sampah di tampilan dekstopnya dan hal ini membuat orang yang meminjam komputer atau laptop menjadi kebingungan. Tenang saja, Anda tetap bisa menemukan folder tempat sampah ini apabila tidak ada di desktop.

Begini cara menemukan folder tempat sampah di tempat lain. Pada Windows XP Anda bisa mencari folder tempat sampah ini di Windows Explorer dengan mengetikkan “ :/RECYCLER “. Tak hanya di Windows XP saja, di Windows lain pun Anda tetap bisa menemukannya.

Yaitu ketikkan saja “ :/$RECYCLE.BIN/RECYCLEBin. “. Berbeda dengan mencari recycle bin Windows 8, pada Windows 8 Anda bisa mencarinya dengan mengetikkan kata “Recycle Bin” di File Explorer.

Folder Tempat Sampah ini Punya Batasan

Sebelumnya telah kami bahas bahwa folder tempat sampah ini adalah fitur yang spesial. Berapapun file yang Anda hapus semua bisa dihapus. Hal yang menjadi batasannya adalah apabila folder tempat sampah ini sudah penuh.

Anda menghapus file sebesar 10 MB pun tetap bisa ditampung oleh folder tempat sampah. Anda menghapus file film yang totalnya sebesar 7 GB pun juga tetap bisa ditampung oleh folder spesial ini. Namun demikian, ada kalanya folder tempat sampah akan menghapus secara otomatis file-file yang paling lama dihapus. Berapa batasan file lama yang akan otomatis dihapus oleh folder tempat sampah? Jawabannya adalah sesuai dengan settingan yang Anda lakukan.

Sampai disini, folder tempat sampah ini bisa dibilang sangat spesial bukan? Bisa membersihkan file yang tidak penting namun tetap bisa mengembalikan file Anda apabila Anda ternyata tidak ingin menghapusnya.

Cara Membuat File yang Dihapus Kembali

Ya, memang sudah disebutkan diatas bahwa file-file yang telah dihapus dan dipindah ke folder spesial tetap bisa dikembalikan ke tempat semula. Berikut ini kami akan membahas cara untuk melakukan hal tersebut.

Hal pertama yang tentu harus dilakukan adalah masuk ke folder tempat sampah, entah itu di desktop atau dicari terlebih dahulu seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Setelah masuk, arahkan kursor menuju file yang ingin dikembalikan. Klik kanan file tersebut hingga muncul daftar perintah. Kali ini Anda harus memilih opsi “Restore” untuk mengembalikan file tersebut supaya statusnya tidak terhapus lagi.

recycle bin

Hanya begitu saja cara untuk mengembalikan file yang telah di hapus di folder spesial. File tersebut akan kembali ke tempat semula, di drive semula dan di folder semula. Waduh, bagaimana kalau kita tidak ingat dimana menaruh file ini? Mudah saja!

Dengan recycle bin Windows 7 dan recycle bin Windows 10 Anda akan melakukan hal ini lebih sederhana. Yang pertama tentu Anda harus masuk ke folder tempat sampah terlebih dahulu. Setelah masuk carilah file yang ingin dikembalikan. Kemudian Anda hanya perlu menggeser file tersebut menuju folder yang Anda mau. Paling mudah adalah menggeser file menuju Drive D, Drive E, atau Documents karena sudah disuguhkan di sebelah kiri tampilan layar. Namun itu semua sebebas Anda mau menaruh file dimana, menaruh file tersebut di desktop juga oke oke saja.

Cara Membuat File Terhapus Secara Permanen Di Recyle Bin

Sesuai janji diatas kami juga akan membahas cara menghapus file di recycle bin secara permanen. File-file yang mengingatkan hal-hal buruk, file yang benar-benar tidak penting, hingga file yang membuat komputer menjadi lemot tentu harus dihapus secara permanen.

Mudah saja untuk melakukan hal ini, Anda hanya tinggal mengklik kanan file yang akan dihapus secara permanen kemudian pilih opsi “Delete”. Kemudian akan muncul box perintah untuk menanyakan apakah Anda benar-benar ingin menghapus file tersebut secara permanen, maka pilihlah opsi “Yes”.

recycle bin

Jika Anda berniat menghapus semua file yang ada di tempat sampah ini maka mudah saja. Klik “Ctrl” dengan “A” bersamaan di keyboard, maka file di tempat sampah akan terpilih semua. Lalu tekan tombol “Delete” di keyboard, semua file akan menghilang secara permanen. Malahan hal ini membuat Anda tidak perlu menggunakan mouse atau touch pad.

Cara Mengatur Limit File pada Folder Recycle Bin

Memang benar ukuran batas dari folder tempat sampah ini bisa kita tentukan. Namun ada serangkaian cara yang harus Anda lakukan untuk membuat settingan ini. Anda tak perlu masuk ke folder tempat sampah ini melakukan settingan ini.

Pertama Anda harus mencari dulu ikon folder tempat sampah di desktop, kemudian klik kanan ikon tersebut hingga keluar box perintah. Kali ini Anda harus memilih opsi “Properties” kemudian carilah opsi “Custom Size” untuk segera membuat settingannya.

recycle bin

Pada opsi tersebut dibawahnya ada opsi bertuliskan “Maximum size” lalu disampingnya ada box yang harus Anda isi. Isikan saja kapasitas batas folder tempat sampah yang mau, tetapi ingat, kapasitas tersebut dalam bentuk MB bukan GB, sehingga telitilah ketika memasukkan angka di box isian ini.

Itulah seluk beluk tentang folder tempat sampah yang mana bisa juga disebut sebagai folder spesial, karena sifatnya memang sangat spesial.