Mengatasi disk 100% Karena Superfetch

Mengatasi disk 100% Karena Superfetch

Selamat pagi semua, apakabar? Kabar baik pastinya kan, nah di hari yang baik ini jangan pernah sampai terusak oleh mood yang jelek karena komputer anda lagi/lemot saat di gunakan. Nah bagi para pengguna windows 10 seringkali kali terasa lemot dan ternyata saat di cek di taks manager penggunaan disk kamu menjadi 100 persen? Nah hal tersebut terjadi karena banyak faktor salahsatunya adalah karena superfetch

Apa itu superfetch? Menurut wikipedia SuperFetch adalah sebuah teknologi  dalam Windows Vista yang memuat aplikasi-aplikasi yang umum digunakan terlebih dahulu ke dalam memori agar mengurangi waktu pemuatan aplikasi-aplikasi tersebut. SuperFetch merupakan versi yang ditingkatkan dari prefetcher yang telah ada di dalam Windows XP. (https://id.wikipedia.org/wiki/SuperFetch)

Nah jadi superfetch digunakan oleh windows sejak dulu hingga ke windows 10 sekarang ini. Kegunaannya adalah untuk memuat aplikasi di memori kalian sehingga lebih cepat terbuka saat akan kalian gunakan. Namun nyatanya kadang aktifitas tersebut membebani disk milik kalian dan komputer menjadi lemot.

Cara mematikan superfetch di windows 10.

  • Klik run kemudian ketikkan “service” untuk membuka Services Manager.

Superfetch

  • Setelah jendela service terbuka kemudian scroll kebawah dan pilih Superfetch service. Klik kanan dan pilih properties bisa juga dengan klik kiri dua kali agar lebih memudahkan kalian.

Superfetch

  • Setelah jendela superfch terbuka sekarang tinggal klik Stop untuk menghentikan proses dari superfrtch.
  • Jika sudah kemudian pilih start-up type menjadi Disabled by dan kemudian klik Apply.

Superfetch

  • Silahkan klik ok dan anda bisa keluar dari menu service manager.
  • Terakir silahkan restart komputer anda. Dan silahkan kembali cek windows tank manager kalian.

Mudah bukan? Cukup beberapa langkah komuper anda akan sedikit lebih ringan bebannya, namun kalian juga masih bisa mengaktifkan aplikasi ini kembali dengan mengikuti langkah langkah seperti yang tertuliskan di atas, setelah itu ubah lah pilihan disabled menjadi otomatis, jika semua langkah diatas masih juga belum menjadikan komputer anda menjadi ringan dan lancar coba kalian cek kembali software yang ada dikomputer kalian, bisa jadi ada software yang memakan resource besar pada hardisk dan ram sehingga disk menjadi 100%, atau silahkan kalian cek dan scane dengan antivirus terkini dengan harapan ungkin ada virus malware yang bersarang di komputer anda, pada akhirnya banyak faktor yang membuat disk anda tersiksa saat digunakan, maka berhati-hatilah saat kalian menginstall suatu program atau software.

Demikian mungkin penjelasan yang saya rasa sudah jelas dan mudah mudahan anda semua menjadi paham dan masalah pada komputer kalian teratasi, terimakasih dan sampai jumpa, semoga bemanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *